Sabtu, 05 Desember 2020

Pengobatan Jerawat - Benzoyl Peroxide


Benzoil Peroksida adalah salah satu bahan umum yang digunakan untuk mengobati jerawat. Anda dapat menemukan bahan aktif ini dalam bentuk krim, gel, lotion, masker wajah, atau bar pembersih. Benzoil Peroksida sangat efektif dalam mengobati kasus jerawat ringan. Obat pengobatan jerawat ini tersedia dalam bentuk non-resep untuk konsentrasi 2,5%, 5%, dan 10%. Jika Anda mencari konsentrasi lebih tinggi dari 10%, Anda memerlukan resep dokter. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa 2,5% benzoil peroksida sama efektifnya untuk memerangi jerawat dan kurang menjengkelkan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencoba Benzoyl Peroxide untuk mengobati jerawat Anda, Anda harus mulai dengan konsentrasi rendah (misalnya 2,5% Benzoil Peroksida).

<b>Bagaimana Benzoil Peroksida bekerja</b>

Sebelum kita masuk ke detail tentang bagaimana benzoil peroksida dapat mencegah jerawat, berguna untuk memahami bagaimana jerawat terbentuk. Propionibacterium acnes (P.acnes) adalah bakteri penyebab jerawat gangguan kulit. P.acnes adalah penghuni utama kulit manusia dan merupakan agen penyebab jerawat. Organisme yang tinggal di kulit ini akan berkembang biak dengan cepat dalam folikel sebaceous yang tersumbat jika tidak diobati. Untungnya, bakteri ini tidak dapat hidup di hadapan oksigen. Benzoyl Peroxide adalah bahan kimia pelepasan oksigen dalam keluarga peroksida organik. Setelah mengoleskan ke area yang terkena, bahan kimia ini diserap ke dalam pori-pori dan melepaskan oksigen untuk menghancurkan P.acnes.

<b> Efek Samping Benzoil Peroksida</b>

Penting untuk dicatat bahwa ada beberapa efek samping ketika menggunakan obat anti-jerawat ini:

J. Kekeringan

Jika Anda menggunakan 5% atau 10% benzoil peroksida, Anda mungkin ingin mencoba konsentrasi yang lebih rendah, katakanlah 2,5% dari benzoil peroksida.

B. Iritasi

Untuk iritasi, Anda dapat mengurangi frekuensi penggunaan. Jika Anda mengalami iritasi parah bahkan frekuensi penggunaan rendah, Anda harus berhenti menggunakan produk.

c. Alergi

Jika Anda alergi terhadap Benzoyl Peroxide, Anda harus berhenti menggunakannya dan berkonsultasi dengan dokter kulit Anda untuk perawatan jerawat lainnya.

d. Pemutih

Benzoyl Peroxide adalah agen pemutihan yang kuat. Anda harus mencegah rambut Anda menghubungi agen pemutihan ini karena obat ini dapat menyebabkan peredam warna permanen.

Sebelum menggunakan Benzoyl Peroxide untuk pengobatan jerawat Anda, harap perhatikan bahwa obat ini menghasilkan radikal bebas di kulit. Hasilnya adalah kemerahan pada kulit karena stres oksidatif. Efeknya mirip dengan paparan sinar matahari yang tidak terlindungi. Jika Anda menggunakan produk benzoil peroksida untuk mengobati jerawat Anda, Anda harus menghindari paparan sinar matahari yang tidak perlu dan menggunakan tabir surya di siang hari.

Harap diingatkan bahwa informasi di atas hanya untuk tujuan informasi dan tidak dimaksudkan untuk mengganti layanan kesehatan apa pun yang Anda butuhkan. Informasi yang diberikan secara ketat tidak dimaksudkan untuk mendiagnosis kondisi medis, menawarkan saran medis, atau mendukung produk atau layanan tertentu. Jangan mengandalkan informasi yang diberikan sendiri untuk diagnosis atau perawatan medis. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda tentang masalah kesehatan pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyembuhan Jerawat: Opsi Buat Pemecahan Buat Wanita Muda

Ada beberapa pilihan buat penyembuhan jerawat. Kalau Anda seperti rata-rata, Anda sudah coba banyak dan belum mendapatkan pemecahan yang pas...